Kamis, 05 Juni 2008

arti blog

Definisi blog
Beberapa bulan yang lalu, saya mencoba mengumpulkan berbagai definisi tentang blog menurut orang Indonesia di internet.

Definisi yang saya maksudkan disini adalah sesuai dengan arti pertama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, yaitu
kata, frase atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas; batasan (arti);
Metode pengumpulan datanya adalah dengan melakukan pencarian di goggle dengan kata kunci “blog +adalah” dan melakukan pencarian yang sama di forum blogger family, tempat berkumpulnya para blogger Indonesia dengan kata kunci yang sama.


Dari hasil pencarian tersebut dilakukan seleksi berdasarkan beberapa syarat :
1. bukan kutipan dari sumber lain
2. tercantum dalam suatu topik yang jelas dalam suatu forum dengan disertai identitas alamat blog penulisnya yang masih bisa diaksesatautercantum dalam sebuah postingan blog milik pribadi, atau blog komunitas dengan disertai identitas penulisnya minimal berupa nama, dan keterangan lainnya tentang penulisnyaatautercantum dari situs lainnya seperti media massa, situs kelembagaan dan situs resmi perusahaan.


Baiklah kita mulai definisi blog dari beberapa tokoh dunia blog Indonesia yang cukup dikenal oleh berbagai kalangan :

Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.
Dikutip dari blog Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia dalam tulisan berjudul Apa Itu Blog ?.

Definisi Blog yang cukup spesifik dikemukakan oleh Priyadi dalam tulisannya yang berjudul Definisi Blog:
Definisi blog menurut saya adalah: Berisi tulisan yang disusun secara kronologis Mengandalkan perangkat lunak CMS Memiliki fasilitas komentar Memiliki format sindikasi, misalnya RSS atau Atom- Tulisannya dibuat dari sudut pandang pribadi penulisnya


Definisi blog menurut Budi Rahardjo yang dikutip dari Direktif dalam
Tantangan Sang Petualang
Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web.

Definisi blog menurut
Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005:
WEB dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.


Definisi Blog dalam forum Blogfam.Definisi blog dalam topik Blog dalam 25 Kata yang diposting di Forum Blogger Family, antara lain :
Blog adalah tempat mencurahkan kata hati dan tempat menceritakan kegiatan kehidupan kita, serta wadah untuk berkenalan dengan teman baru.


Definisi blog menurut aktivis perempuan, Sofia Kartika yang bekerja di Yayasan Jurnal Perempuan dan juga adalah pemilik www.girlthink.blogthing.com dalam artikel di Harian Kompas yang berjudul “Blog”, Bukan Sekadar Pergaulan.
blog adalah ruang alternatif sebagai media untuk menyalurkan kebutuhan menuliskan pengalaman yang dirasakan teman-teman yang bergulat di penguatan hak perempuan.
Definisi Blog sebagai media Jurnalisme.


Blog adalah self publishing journalism, saya mencoba bertolak pikir dari terminologi ini. Self publishing journalism saya artikan secara sederhana sebagai jurnalisme yang dipublikasikan secara mandiri, independen.Dikutip dari blog Dhika dalam
Muslimblog Dan Sebuah Pikiran Sederhana.

Blog adalah sebuah industri, sebuah media baru, sebuah teknologi. Bahkan juga blog merupakan sarana komunikasi dan diskusi dengan lebih terbuka.
Dikutip dari Warna Dunia dalam Selamat Hari Valentine !

Blog adalah sebuah sarana dimana penulis - penulisnya (dalam hal ini perusahaan) dapat memuat tulisan mereka tentang segala sesuatu yang memiliki arti untuk mereka.
Dikutip dari blogosphere-juice-up!

blog adalah sebuah bentuk penghindaran terhadap dominasi media.
Dikutip dari Dewi Satriyani dalam Vote BLogger For Documentary Film.

Sepertinya ada yang kelupaan deh… Definisi ini cukup terkenal dan terbukti 68% blogger Indonesia pernah mengutip definisi blog tersebut.

Berikut adalah definisi blog dari seseorang tokoh telematika yang memutuskan untuk tidak punya blog, yaitu KRMT Roy Suryo :
Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi.
Dikutip dari Media Indonesia dengan judul berita
‘Blog’, Sarana Informasi Alternatif

Sumber : http://blog.kenz.or.id/2006/02/09/definisi-blog-menurut-orang-indonesia.html

Tidak ada komentar: