Kamis, 05 Juni 2008

kegunaan blog

BLOG BISNES
Di siri yang lepas, Apa itu Blog Bisnes? anda telah diceritakan serba sedikit tentang blog bisnes dan tujuannya. Namun mungkin ada yang tertanya-tanya kegunaan blog bisnes. Disini saya senaraikan antara kegunaan blog bisnes:

1. Khidmat Nasihat : Untuk memberi nasihat, adalah perlu bagi anda mempunyai rangkaian atau pengalaman dalam dunia bisnes yang anda ceburi. Memerlukan banyak masa, kerja keras dan berpengalaman. Gunakan pengalaman anda sebagai senjata utama!

2. Bisnes ?Roti Canai dan Sarapan Pagi? : Seperti anda makan roti canai di kedai pagi-pagi sebelum atau ketika kerja, bisnes anda juga sepatutnya demikian. Blog bisnes anda mampu menarik perhatian pelawat dengan lawatan pertama mereka ke blog anda dan menjadikan blog anda ?santapan? mereka setiap hari.

3. Cawangan atau Agensi : Jika bisnes anda mempunyai cawangan, eloklah meletakkan kesemua cawangan bisnes anda dib log tersebut supaya senang pelawat blog yang berminat untuk berjumpa anda. Jika dirasakan sesuai, letakkan sekali no. telefon

BLOG BISNIS (CORPORATE)
Blog sebagai strategi marketing
– blog eksternal digunakan sebagai marketing channel dan PR. Sedangkan blog internal digunakan untuk manajemen proyek dan knowledge sharing. Blog memang (for the time being) tidak akan menggantikan channel tradisional seperti TV, Koran, Print Ad, dll akan tetapi blog melengkapi channel-channel tersebut. Pertimbangkan blog sebagai metode yang cost-efficient untuk melengkapi channel tersebut, walau belum tentu effective menghasilkan revenue secara langsung.

Thought leadership – pada intinya adalah seorang leader yang cerdas dan pandai tentunya ingin dan mampu untuk berbagi melalui blog. Com

Community building – dalam tulisan saya sebelumnya sudah disebutkan mengenai pentingnya community building. Nah blog memungkinkan perusahaan untuk secara kontinu berdiskusi dengan konsumen mengenai fitur dan fungsionalitas dari suatu produk.

Customer relations – Nampaknya akan sangat mengasyikkan jika hotline kita juga online di blog untuk menanggapi pertanyaan dari konsumen bukan? Hal ini yang dilakukan oleh QuickBooks Online.

Status alerts – Blog dapat digunakan sebagai “real time” status mengenai layanan web kita. Just in case misalnya ada downtime pada layanan tersebut dan kita ingin secara periodik memberitahukan secara spesifik progress perbaikannya misalnya.

Conferences & events – banyak event dan konferensi diumumkan, diinformasikan dan juga ditutup (misalnya dengan menyebarkan materi / komentar / hasil) melalui blog. Baik yang permanen, maupun hanya sementara (misalnya event nya hanya sementara saja – time limited blog).

Advocacy – Blog dapat digunakan oleh LSM dengan budget yang relatif terbatas untuk “menyuarakan” aspirasi yang ingin diperjuangkan. Baik perlindungan anak, HIV-AIDS, kanker, dll. Termasuk di dalamnya adalah testimoni dari simpatisan yang notabene lebih di dengarkan daripada slogan marketing secara umum.

Adjunct to PR – Dalam buku “The Fall of Advertising and the Rise of PR” dijelaskan pentingnya PR di era sekarang. Tapi saat saya berdiskusi dengan salah satu konsultan PR kita Blog pun menjadi sorotan di dunia PR. Hal ini karena PR mengerti benar peranan penting blog di masa datang. Debbie dalam buku ini juga mengambil contoh bagaimana Google menggunakan blog sebagai alat kampanye PR mereka. Blog memberikan versi informal (sering juga disebut : backstory) dari sebuah pengumuman resmi corporate.

Branding – Blog sendiri bisa menjadi suatu "brand" yang menjadi pelengkap brand utama perusahaan kita. Misalnya kita memiliki blog yang sangat terkenal, sehingga bisa ikut "mengerek" ketenaran produk kita.

E-Commerce - Blog kita dapat mengarahkan konsumen untuk membeli produk tertentu secara online. Menurut perusahaan online market research comScore Networks seorang pembaca blog 30% lebih mungkin membeli produk / jasa secara online. Konsumen juga memiliki kecenderungan belanja 6% lebih tinggi apabila dia mengunjungi blog.

Customer evangelist - Banyak konsumen yang sedemikian "attached" dengan brand kita sehingga bersedia untuk mengulas produk melalui blog mereka, for free! Beberapa konsumen (misalnya konsumen Palm Treo, Starbucks, dll) bahkan memiliki blog yang sedemikian terkenalnya diantara pengguna lainnya. Ada pula perusahaan yang menyediakan tempat bagi konsumen loyal mereka untuk mengekspresikan loyalitas mereka. Saya rasa pengembangannya tentu saja "word of mouth" yang tercipta dari blog ini.

Viral marketing - Blog dapat digunakan sebagai media dalam kita menciptakan "buzz marketing". Misalnya kita menciptakan kontes dalam blog kita yang sedemikian hebohnya sehingga banyak sekali orang yang kemudian membicarakannya. Membicarakannya = free awareness = free trial buying = free loyal consumer

Sumber : http://www.rajablog.info/blog/kegunaan-blog-bisnes.html, http://minervascomments.blogspot.com/2008/01/12-kegunaan-blog-untuk-corporate.html

Tidak ada komentar: