Kamis, 05 Juni 2008

Proses Transaksi

Pembukuan berpasangan adalah praktik standar untuk pencatatan transaksi keuangan. Proses pembukuan hanya meliputi pencatatan transaksi-transaksi ke dalam berbagai jurnal dan pemberian klasifikasi kode perkiraan buku besar (yaitu pengumpulan data keuangan mentah). Hal ini akan menjadi dasar untuk sistem akuntansi yang mengumpulkan dan mengorganisir data mentah menjadi informasi yang berguna.

Sistem ini didasarkan pada konsep bahwa suatu bisnis dapat dijabarkan dengan menggunakan beberapa variabel atau rekening, yang masing-masing menjelaskan satu aspek dari bisnis tersebut dari sudut moneter.
Setiap transaksi memiliki 'efek ganda' yang akan dijelaskan selanjutnya.

Sejarah sistem pembukuan ini telah ditemukan sejak abad ke-12, dan pada akhir abad ke-15, sistem ini telah dipergunakan secara meluas oleh pedagang dari
Venesia. Kodifikasi sistem dilakukan pertama kali oleh Luca Pacioli, seorang karib dari Leonardo da Vinci, pada sebuah buku teks matematika terbitan tahun 1494

Proses pembukuan
Ketika transaksi terjadi, sebuah dokumen dihasilkan. Dokumen ini dirujuk sebagai sumber dokumen. Beberpa sumber dokumen sebagai berikut:
Kuitansi yang anda dapatkan ketika membeli sesuatu di toko.
Laporan saldo bank bulanan anda.


Semua sumber dokumen ini kemudian dicatat dalam sebuah Journal. Ini juga disebut sebagai sebuah book of first entry. "Journal" mencatat kedua pihak transaksi yang di catat oleh sumber dokumen. These write-ups are known as Journal entries.

These Journal entires are then transferred to a Ledger. A ledger is also known as a book of accounts. The purpose of a Ledger is to bring all of the amounts recorded for that account from the Journal together. This process of transferring the values is known as posting.
Once the entries have all been posted, the Ledger accounts are added up in a process called Balancing. A particular working document called an unadjusted trial balance is created. This lists all the balances from all the accounts in the Ledger. Notice that the values are not posted to the trial balance, they are merely copied.

At this point accounting happens. The accountants produces a number of adjustments which make sure that the values comply with accounting principles. These values are then passed through the accounting system resulting in an adjusted trial balance. This process continues until the accountant is satisfied.
Finaly
Financial statements are drawn from the trial balance, which may include:
the
Income statement
the
Balance sheet
the
Cash flow statement

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pembukuan_berpasangan

Tidak ada komentar: